https://drive.google.com/file/d/0BwKE2umbYdjLMTBwMnJGbmpIT1E/view?usp=sharing

Sabtu, 12 Desember 2015

Ciri Khas dan Motif Batik Gumelem



Ciri Khas dan Motif Batik Gumelem

Seperti halnya di daerah lain di Jawa yaitu Jogja, Solo dan Pekalongan, batik tulis memiliki corak khasnya masing-masing. Batik Gumelem memiliki corak khas yaitu udan liris dan rujak senthe yang diproduksi secara turun temurun oleh warga setempat. Ciri khas lainnya dari Batik Gumelem adalah warnanya yang didominasi oleh warna coklat, hitam dan kuning serta bermotif bunga-bunga. Meskipun dengan berkembangnya industri tekstil, kini lebih memiliki bermacam-macam warna.
Motif batik di Gumelem sendiri mengalami pembagian dalam dua golongan corak, yaitu klasik dan kontemporer.
  • Corak  klasik antara lain : Pring Sedapur, Gajah Uling, Sungai Serayu, Udan Liris, Jahe Serimpang, Sido Mukti, Grinting, Galaran, Buntelan, Sidoluhur, Ukir Udar, Sekar Jagad, Gabah Wutah, Blaburan, Parang Angkrik, Parang Angkrik Seling, Kopi Pecah.
  • Pada motif kontemporer lebih variatif, mengakomodir kekhasan Banjarnegara, menggunaan pewarnaan yang lebih berani seperti hijau, merah, biru dan warna-warna lain sesuai keinginan, dikerjakan oleh pembatik-pembatik muda, corak relatif jarang-jarang dan besar-besar, satu muka atau dituangkan hanya satu sisi kain, dan dapat disesuaikan dengan order baik waktu pengerjaan, warna maupun harga. Contoh Corak Kontemporer: Sawung Alit, Lumbu Pari, Kawung Ceplokan, Kantil Rinonce, Sekar Tirta, Pilih Tanding, Salak Raja, Sekar Kinasih.
Batik tulis Gumelem yang beraneka warna ini sangat cocok digunakan dalam suasana santai maupun resmi di perkantoran (seragam) dan berbagai kegiatan. Harganya pun relatif murah, yakni berkisar antara Rp170.000 hingga Rp 200.000 per lembar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiVPt3Y8OiFDYYqaQNhEpspunmvQyt9UNU2zKkh_hiW_pahm1dpnEG6PzGfRgF4pN13u7rU5q4xPnyA7hd-l8YBXN3JQLsgFgAXfRyzsjWXYa29huuXU-DX4vP3jrQQOU9_Tg_Elc9BPs/s1600/batikkk.jpg

               Untuk 1 kain yang panjangnya 240 cm dan lebar 105 cm harganya  Rp.80.000 , panjang 275 cm dan lebar 105 cm harganya R.100.000 - 200.000 tergantung bahan kain yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar